Cara Investasi Reksadana yang Baik dan Benar

www.investasipro.com

Yakinlah, janganlah menanti hari tua untuk mengawali investasi. Investasi melindungi kehidupan finansial Anda di hari esok terbangun. Anda tak perlu cemas karena sekarang ini ada produk keuangan yang tengah popular, yakni reksadana. Reksadana merupakan himpunan dana yang dikelola untuk beli saham, obligasi, atau instrumen keuangan yang lain.

Investasi reksadana mahal? Berdasar info dari www.investasipro.com, asumsi itu nyatanya salah. Ada beberapa 187 produk reksadana saham. Dari jumlahnya itu ada 43 produk reksadana saham yang minimum pembeliannya diawali dari Rp50. 000 sampai Rp100. 000.

Cara Investasi Reksadana

www.investasipro.com
Gambar Investasi Reksadana

Dari keterangan diatas, tentulah Anda mulai mengerti bagaimanakah cara investasi reksadana ini. Karena itu, setelah itu, Anda memang perlu tahu bagaimana Anda mengawali investasi ini. Mengenai cara-caranya seperti berikut,

1. Tetapkan Tujuan

Pertama kali, tetapkan arah Anda menginvestasikan uang yang ada untuk beli reksadana. Apa menjadi modal anak sekolah sampai ke perguruan tinggi, rumah hari esok, atau mungkin menjadi dana pensiun. Hal seperti ini terkait dengan periode waktu investasi serta type reksadana yang pas untuk Anda. Karena, sia-sia juga kita berinvestasi tanpa arah yang pasti. Ada beberapa arah yang umumnya dipakai beberapa orang untuk berinvestasi reksadana. Jadi, fikirkan dahulu hal seperti ini.

2. Ketahui beberapa jenis Reksadana

Sebelum menginvestasikan uang Anda pada reksadana, baiknya Anda tahu lebih dahulu beberapa jenis reksadana yang ada. Ada bermacam type reksadana, dari mulai reksadana pasar uang, penghasilan masih, terlindungi, kombinasi, saham, index, dollar, syariah, serta penyertaan hanya terbatas. Mengenai, yang sangat popular sekarang ini merupakan reksadana pasar uang, dana penghasilan masih, dana terlindungi, kombinasi, serta saham. Tersebut penuturannya.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana ini semuanya diletakkan pada deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), serta obligasi. Jatuh temponya kurang dari setahun. Reksadana ini relatif lebih aman daripada reksadana yang lain, akan tetapi potensi keuntungannya cuma dikit diatas deposito.

Reksadana Penghasilan Tetap

Reksadana penghasilan masih dananya dialokasikan ke obligasi minimum 80%. Return-nya tambah tinggi daripada reksadana pasar uang.

Reksadana Terproteksi

Reksadana terlindungi karena ditempatkan di obligasi yang memberikan perlindungan agar nilai dari reksadana tidak turun ketika jatuh tempo. Reksadana ini mempunyai perlindungan 100% pada nilai pokok investasi bila dicairkan sama dengan periode waktu yang sudah dipastikan awal mulanya.

Reksadana Campuran

Reksadana kombinasi ini membagikan dananya di banyak instrumen investasi seperti : obligasi, saham, serta deposito. Karena bisa berinvestasi saham reksadana kombinasi ini punya lebih resiko. Sesuai dengan resikonya yang tinggi return yang didapatkan juga tinggi.

Reksadana Saham

Reksadana saham tempatkan dananya minimum 80% ke saham. Hingga, Anda punya potensi mendapat keuntungan yang terbesar dibanding reksadana yang lainnya. Akan tetapi, resikonya juga terbesar.

3. Tetapkan Periode Waktu Investasi

Berinvestasi reksadana memerlukan periode waktu yang berlainan. Ada yang untuk kurang dari satu tahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, serta lebih dari 5 tahun. Untuk periode waktu kurang dari satu tahun, baiknya Anda pilih reksa dana pasar uang. Untuk investasi 1-3 tahun, Anda bisa pilih reksa dana penghasilan masih. Untuk periode waktu 3-5 tahun, pakailah reksa dana kombinasi. Paling akhir, untuk Anda yang inginkan investasi periode panjang, yaitu lebih dari 5 tahun, pakailah reksa dana saham.

4. Beberapa langkah Investasi Reksa Dana

Tetapkan mana yang sama dengan keperluan Anda. Ingin uang lebih aman dengan hasil keuntungan yang hanya terbatas? reksa dana pasar uang jawabannya. Pendapatannya masih serta terlindungi. Bila anda ingin keuntungan yang tambah tinggi serta mampu terima kemungkinan yang tambah tinggi, reksa dana kombinasi serta saham merupakan pilihan yang pas.

Langkah ke-2, pilih produk reksa dana yang sama dengan pilihan type reksa dana Anda. Lihat rekam jejak keuntungannya sepanjang 3 tahun paling akhir. Yakinkan keuntungannya berkelanjutan. Hingga Anda ketahui jika Anda akan tidak alami kerugian.

5. Yakinkan Reksadana Mempunyai Izin

Reksadana merupakan investasi yang legal karena mempunyai izin dari OJK. Perizinan ini mempunyai banyak prasyarat serta berbentuk mutlak hingga bisa diakui kebenarannya. Bukan sekedar itu, manajer investasi yang mengurus reksadana itu harus juga mempunyai izin.

Diluar itu, pegecekan izin ini dapat adalah bentuk usaha preventif supaya Anda tidak tertipu oleh bentuk investasi bodong atau abal-abal. Hal seperti ini karena investasi bodong tentunya tidak mempunyai izin karena tidak penuhi standard serta kriteria dalam mengurus investasi yang bersih serta sehat.

Investasi bodong umumnya tawarkan keuntungan investasi yang besar sekali. Akan tetapi, mungkin saja kemungkinan yang dijamin juga besar.

6. Baca Prospektus Reksadana

Bagaimana Anda tahu point perizinan diatas? Tentulah, Anda mesti membaca serta mengerti isi prospektus. Prospektus bisa disebutkan menjadi buku panduan untuk berinvestasi di reksadana. Semua jenis info yang Anda perlukan mengenai reksadana ada disini, dari mulai perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, sampai tata langkah pembelian serta penjualan reksadana.

Karena itu, membaca prospektus merupakan hal yang harus serta mutlak buat Anda. Bukan sekedar membaca, Anda juga mesti mengerti tiap-tiap detil dalamnya. Bila kebingungan, tak perlu sangsi untuk menanyakan. Bila Anda telah terlanjur berinvestasi serta belumlah mengerti isi prospektus, baiknya Anda selekasnya mengaksesnya. Pandangan prospektus jadi hal yang terpenting karena menyangkut uang yang Anda investasikan. Tentulah Anda tidak mau menyesal karena kurangnya info yang Anda mempunyai kan? Karena itu pelajarilah prospektus.

Diluar itu, alangkah sangat baik bila layanan reksadana Anda mempunyai skema on-line untuk memutakhirkan info sekitar reksadana. Umumnya, setiap saat akan lakukan investasi, Anda akan diingatkan untuk membaca serta mengonfirmasi apa Anda sudah membaca prospektus. Hal seperti ini merupakan jalan yang baik untuk saling tahu. Hingga Anda bisa berinvestasi dengan aman serta nyaman. Tentunya bila investasi palsu akan tidak mempunyai prospektus karena ciri dari jalinan investasi yang sehat yaitu dengan ada transparansi.

Daftar Investasi Reksadana Dari Sekarang

Cukuplah ringan bukan untuk berinvestasi Reksa Dana? Sekarang ini beberapa manajer investasi serta bank penjual banyak yang menyiapkan website informatif mengenai produk serta service reksa dana. Beberapa bahkan juga memberi service on-line untuk memudahkan investor beli reksa dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *