7 Alat Musik Tradisional dari Lampung

alatmusik.org

Alat Musik Tradisionil Lampung. Lampung adalah suatu propinsi yang terdapat sangat selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, letak Ibukotanya di Bandar Lampung. samping utara bersebelahan dengan Sumatera serta Bengkulu Selatan. Seperti umumnya suatu daerah yang lainnya, Lampung juga mempunyai beragam macam type musik, dari mulai type tradisionil sampai moderen (musik moderen yang mengambil kebudayaan dalam musik global).

Mengenai type musik yang masih tetap bertahan hingga sampai saat ini ialah Classic Lampung. Umumnya type musik ini disertai oleh alat musik gitar akustik serta gambus. Mungkin saja musik type ini adalah kombinasi budaya Islam serta budaya asli tersebut.

7 Alat Musik Tradisionil Lampung

alatmusik.org
Gambar Alat Musik Tradisional Lampung

Alat Musik Tradisionil Lampung mencakup :

1. Gamolan

Gamolan hampir serupa dengan alat musik gamelan yang datang dari daerah Jawa. Cuma saja Gamolan yang ada di Lampung ini terbuat dari susunan-susunan bambu yang lalu diikat dengan tali senar yang langkah membuatnya dengan perancangan spesial.

Umumnya gamolan ini alat musik yang dimainkan waktu diselenggarakan ketika proses acara-acara kebiasaan spesifik di Propinsi Lampung.

Semenjak era ke 4 masehi alat musik ciri khas Lampung ini telah terdapat, walau demikian s/d sekarang ini ada banyak orang-orang Lampung yang tidak tahu apa alat musik tradisionil Gamolan ini.

Seseorang periset kewarga negaraan Australia tertarik untuk mempelajari alat musik tradisionil lampung ini. Gamolan moderen yang bisa didapati di Way Kanan serta Lampung Barat, memiliki ketidaksamaan dibanding dengan gamolan yang telah kuno. Gamolan kuno terbagi dalam delapan bilah bambu yang sejajar diatas satu bongkah bulat bambu yang besarnya seputar lengan orang dewasa.

Semasing delapan bilah bambu mewakili untuk delapan tangga suara, yakni do re mi fa so la si do. Sesaat, gamolan moderen cuma terbagi dalam tujuh bilah bambu yang mewakili tujuh tangga suara. Tangga suara yang hilang terdapat satu yakni tanga suara fa.

2. Kompang atau Khaddap

Kompang ialah semacam alat musik tradisionil yang termasuk juga dalam kelompok type musik gendang. Kulit kompang umumnya dibikin dari kulit kambing. Alat musik ini datang dari Negri Arab, ada pula yang memiliki pendapat jika kompang alat musik tradisionil lampung ini datang dari Parsi yang dipakai untuk menyongsong datangnya Rasulullah S. A. W. pada saat itu.

Kompang terbagi dalam beragam jenis ukuran. Terdapat yang memiliki ukuran umum garis pusat selama 22. 5 cm, 25 cm, 27. 5 cm dan terdapat yang sampai 35 cm. Kompang dimainkan lewat cara beregu dalam sikap duduk, berdiri atau sembari berjalan.

Kompang dimainkan dengan menggunakan ke-2 iris tangan. Samping tangan untuk memegang kompang, serta samping tangan yang lain memukul kompang. Dalam permainan kompang ada tiga rentak, yakni rentak umum, rentak sepulih, serta rentak kencet. Rentak yang kerap dimainkan adalah rentak umum.

Rentak kencet ialah rentak di tengahnya pukulan, yang seakan-akan berhenti saat itu juga. Sedang rentak sepulih dimainkan untuk kembali pada rentak lagu pertama.

3. Kerenceng atau Terbangan

Kerenceng atau terbangan ini ialah alat musik tradisionil Lampung yang dibikin dari kayu serta kulit kambing. Alat musik ini umumnya dipakai untuk menemani vokal, baik dalam acara ngarak atau ngiring (buharak) berbentuk tabuh lama (butabuh) serta disertai lagu-lagu dalam tabuh baru (diperbaru).

4. Sekhdap serta Bekhdah

Alat musik ini hampir sama juga dengan Kerenceng atau Terbangan, cuma saja alat musik tradisionil lampung yang satu ini mempunyai ukuran semakin besar bahkan juga ukurannya terdapat yang sampai diameter 100 cm.

5. Akordion atau Harmonium

Alat musik tradisionil lampung ini terbuat dari logam. Harmoniumnya terbuat berbahan kulit, beludru, kawat, serta kayu. Alat musik seperti orgel kamar atau orgel kecil ini, langkah memainkannya dengan mendesak tombol pembuka lidah-lidah yang bergetar karena angin yang dipompa. Harmonium itu adalah sisi dari orkes gambus yang dimainkan bersama dengan rebab serta biola.

6. Membling

Alat musik tradisionil lampung ini terbuat dari kayu. Membling ialah alat musik petik yang sejenis lut berdawai dua. Membling dimainkan dengan cara sendiri menjadi satu fasilitas untuk mengungkap perasaan hati.

7. Gendang

Alat musik tradisionil lampung ini terbuat dari kayu serta kulit binatang. kulit binatang yang umum di pakai ialah kambing, sapi atau kerbau. Dalam piranti musik kulintang, gendang berperan menjadi pimpinan irama.

Itu adalah 7 alat musik tradisional dari lampung yang bisa aku sampaikan ke kalian. Referensi dari artikel aku kali ini dari alatmusik.org, jika kalian ingin tau alat musik tradisional lainnya kalian bisa kunjungi web tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *